Tuesday 11 February 2014

Menurunkan Berat Badan Dengan Diet, Perlukah ?

Diet OCD, Ya! diet yang lagi jadi trend belakangan ini biasa jadi pilihan cepat kalau ada temen yang tanya "gue perlu turunin berat badan nih!" Tapi sebelum memutuskan untuk menurunkan berat badan, pastikan dahulu status berat badan Anda melalui rumus penghitungan indeks massa tubuh. Alasan kenapa harus cek dulu masa tubuh tentu banyak, tapi biasanya indeks massa tubuh jadi acuan sebelum seorang korban menjalani test pola diet.

Nah untuk mengetahui indeks massa tubuh anda, kita bisa mengkalkulasikan dengan menggunakan rumus:

Body Mass Index / Indeks Massa Tubuh = Berat Badan / ( Tinggi Badan x Tinggi Badan )

Jika hasil kalkulasi Body Mass Index (BMI) Anda diatas angka ideal yakni, 18,5 maka anda masuk kategori obese (kegemukan). Perlu diketahui diet sehat macam apapun, termasuk "diet deddy corbuzier" alias diet OCD tetap diperlukan usaha untuk mewujudkan pola yang sudah direncanakan supaya memiliki berat badan yang ideal. Kuncinya adalah disiplin.Secanggih apapun metode diet anda, jika tidak diiringi komitmen disiplin dalam pelaksanaannya, maka percuma.

Selain itu, pengetahuan nutrisi pun juga gak kalah penting, dengan pemahaman mendasar gizi dan nutrisi yang pas, maka akan mudah melaksanakan program penurunan berat badan. Yakni tetap mengkombinasikan antara pemasukan energi melalui asupan nutrisi yang tepat dengan diiringi keseimbangan pengeluaran energi atau olahraga. Begitu sudah mulai menjalankan diet sebaiknya hilangkan ekspektasi anda untuk menurunkan berat badan secara sekejap dan instan. Penurunan berat badan secara drastis dapat memperbesar potensi kembalinya bobot badan dan yang paling parah mendatangkan penyakit.

Slowly, Jalani proses penurunan berat badan dengan perlahan. Penting adanya hal ini guna memudahkan proses adaptasi kondisi tubuh. Ketika kemajuan 2 hingga penurunan 2,5 kg per bulan dapat tercapai rasanya sudah cukup ideal. Nah ini ada berapa poin penting lainnya untuk diketahui:


  • Hindari juga camilan dan makan mie berlebihan, khususnya kita anak kost.
  • Berolahragalah rutin seminggu tiga kali selama 30 menit.
  • Kurangilah konsumsi makanan berlemak. 
  • Perbanyak makan buah-buahan yang mengandung air 1 jam sebelum makan.
  • Makanlah nasi antara 150-200 gram dalam 1 porsi sekali makan.
  • Pada makan malam, makanlah dibawah pukul 7 malam dan secukupnya.
  • Perbanyak sajian berserat.


Tentunya kita gak bisa sembarang menentukan kapan mau diet, mau diet golongkan darah, diet OCD atau diet apapun misalnya saja untuk ibu yang sehabis melahirkan tentu akan lebih ideal berkonsultasi dengan dokter kepercayaan sebagai rujukan kapan baiknya kita bisa mulai menurunkan berat badan

0 comments:

Post a Comment